Jambi, 31 Juli 2024 – Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar kegiatan review kurikulum dengan tema “Membangun Kurikulum Merdeka Belajar, Mewujudkan Kompetensi Lulusan yang Inovatif”. Acara ini berlangsung pada hari Rabu, 31 Juli 2024, dan dihadiri oleh dosen Fakultas Dakwah, stakeholder, alumni, mahasiswa, serta tenaga kependidikan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber terkemuka, Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum yang ada agar lebih sesuai dengan kebutuhan zaman serta mampu menghasilkan lulusan yang inovatif dan kompeten. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Dakwah, Prof. Samsu, S.Ag., M.Pd.I., Ph.D., menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan penguatan kepada fakultas untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa
Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc., sebagai narasumber utama, memberikan paparan mengenai konsep Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Beliau menekankan bahwa kurikulum harus memberikan ruang bagi kreativitas dan inovasi mahasiswa, sehingga mampu menciptakan lulusan yang siap bersaing di era industri
“Dalam era digital ini, lulusan tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan, berpikir kritis, dan memiliki keterampilan praktis yang relevan,” kata Prof. Dr. M. Rusdi.
Acara ini juga diisi dengan diskusi panel yang melibatkan para dosen dan stakeholder untuk memberikan masukan konstruktif mengenai kurikulum yang diusulkan. Selain itu, alumni dan mahasiswa juga berperan aktif dalam menyampaikan pandangan dan pengalaman mereka terkait kurikulum yang telah dijalani.
Dekan Fakultas Dakwah, Prof. Samsu, menambahkan, “Masukan dari berbagai pihak sangat penting dalam proses ini. Kami berharap hasil dari review kurikulum ini dapat segera diimplementasikan dan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.”
Kegiatan review kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan rancangan kurikulum yang lebih baik, yang tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan keterampilan mahasiswa, sehingga dapat mencetak lulusan yang inovatif dan siap menghadapi tantangan global.